SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

APBD Disahkan, Bupati Ondy Minta Pimpinan SKPD Segera Bekerja Keras

KPDE Biak Numfor

Setelah melalui semua tahapan persidangan antara pihak ekskutif dan legislative, akhirnya Raperda RAPBD Kabupaten Biak Numfor Tahun Anggaran 2016, Kamis (17/12) malam disahkan menjadi Perda APBD Kabupaten Biak Numfor, dalam sebuah rapat paripurna ke-7 masa sidang III tahun sidang 2015 yang dibuka oleh Ketua DPRD Biak Numfor, Ir. Zeth Sandy, MM.

Pengesahan Perda anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Biak Numfor ini ditandai dengan penandatanganan hasil sidang oleh Bupati Thomas Alva Edison Ondy, SE dan oleh pimpinan DPRD Kabupaten Biak Numfor yang disaksikan oleh Sekda Andreas Msen, SE, anggota DPRD Biak Numfor, pimpinan Forkopinda, pimpinan BUMN/BUMD dan para pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Biak Numfor. Kemudian Perda APBD itu oleh Ketua DPRD diserahkan kepada Bupati Biak Numfor untuk dilaksanakan, yaitu untuk pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Biak Numfor.

Sebagaimana keputusan DPRD Kabupaten Biak Numfor Nomor 180/13/Tahun 2015 tentang persetujuan dan penetapan Raperda APBD Kabupaten Biak Numfor Ta. 2016 yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Biak Numfor, Lukas Rumere, SH menjelaskan, bahwa struktur APBD Kabupaten Biak Numfor Ta. 2016 sebagai berikut: Pendapatan Daerah sebesar Rp. 1.381.752.185.252,00. Belanja Daerah sebesar Rp. 1.570.602.047.239,00.

Sedangkan pembiayaan daerah terdiri dari Penerimaan Pembiayaan Daerah sebesars Rp. 255.169.589.357,00, Pengeluaran Pembiayaan Daerah sebesar Rp. 66.319.727.370,00, sehingga pembiayaan Netto (deficit) sebesar Rp. 188.849.861.987,00. Perda tentang APBD Kabupaten Biak Numfor Ta. 2016, selanjutnya dituangkan dalam Peraturan Bupati tentang penjabaran APBD Kabupaten Biak Numfor dengan memperhatikan rekomendasi, catatan koreksi, saran dan usul anggota DPRD.

Sementara itu pidato Bupati Biak Numfor menjelaskan, penyusunan APBD Biak Numfor Ta 2016 tetap berorientasi pada anggaran berbasis kinerja yang mengutamakan keluaran atau hasil dari program dan kegiatan yang akan dicapai dengan penggunaan anggaran dengan kuantitas dan kualitas yang terukur.

Bupati Biak Numfor mengingatkan dan meminta perhatian seluruh SKPD untuk segera bekerja keras di awal tahun baru untuk memperbaiki kelemahan penganggaran dan penggunaan belanja barang, belanja modal dan belanja bantuan social, serta pengelolaan fisik atas asset yang tentunya harus menjadi prioritas utama untuk mendapatkan peningkatan opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) mendatang.

Ada yang menarik diakhir pidato Bupati Biak Numfor, bahwa setelah tahun ini pihaknya memberikan bantuan kendaraan kepada seluruh kepala distrik, maka di tahun depan pihaknya akan memberikan bantuan serupa kepada 22 anggota dewan Biak Numfor, kepada 8 kepala kelurahan dan akan merehab total gedung kelurahan, memberikan bantuan 4 unit bus sekolah untuk empat distrik, kendaraan operasional untuk Polres Biak Numfor, Kodim 1708/BN, Kejaksaan Negeri Biak, Dharma Wanita Kabupaten Biak Numfor, dan kepada pengusaha putra daerah akan diprioritaskan melaksanakan kegiatan yang didinai dari dana Otsus sebesar Rp. 100 miliar.

Sidang dilanjutkan pembacaan doa, lagu Bagimu Negeri, dan akhirnya sidang tahunan ini resmi ditutup oleh Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor. (danang sadana)

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Tulisan Terbaru