SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

BLH Biak Numfor Bagikan Motor Pengangkut Sampah

BLH BIAK MEMBAGIKAN MOTOR SAMPAHKPDE Biak Numfor

Tekad Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk meraih kembali Piala Adipura di tahun 2016 bagi Kabupaten Biak Numfor cukuplah tinggi. Terbukti, diawal tahun ini pihak BLH menyerahkan 6 motor pengangkut sampah berikut container sampah, dan dari jumlah itu 1 diantaranya bantuan dari CRS Pelindo.

 

Enam unit motor roda tiga pengangkut sampah ini akan dibagikan ke masyarakat penggiat sampah, diantaranya 1 unit untuk Hengky Rumbiak yang sudah bertahun-tahun membantu mengangkut sampah di Kampung Karyendi. 1 unit untuk Kepala Kampung Anjereuw, Sampari Bonggoibo, 1 unit untuk Ketua Kelompok Tani Romuni Kampung Kajasbo, Adrianus Faidiban, 1 unit lagi untuk Distrik Biak Kota, dan 2 sisanya untuk pengelola bank sampah TPST3R (tempat pemrosesan sampah terpadu). Selain itu, juga penyerahan bantuan mesin pencacah sampah organic.

Sarana pendukung kebersihan ini secara simbolis diserahkan oleh Bupati Kabupaten Biak Numfor, Thomas A.E. Ondy, SE kepada Kadistrik Biak Kota, Agustina Rumbewas dan kepada para penggiat kebersihan lingkungan itu yang dipusatkan di Halaman Distrik Biak Kota, Senin 18 Januari 2016. Acara ini juga dihadiri Kepala BLH Biak Numfor, Ricky Mailoa, para pimpinan BUMN/BUMD dan para pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Dalam sambutannya, Bupati Ondy berencana tiga SKPD, yakni Dinas Kehutanan dan Pertanian, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, dan Badan Lingkungan Hidup di-merger (digabung) menjadi satu SKPD. Hal ini bertujuan efisensi dana, karena dalam uraian tugas di 3 SKPD ini beberapa diantaranya sama, sehingga terjadi pemborosan anggaran. “Kalau tiga SKPD ini di-merger, setelah saya hitung maka akan menghemat anggaran sekitar Rp. 62 miliar,” jelas Bupati Ondy didepan para kepala dinas dan undangan.

Untuk itu, Bupati Ondy akan menyerahkan draf kepada dewan untuk dikaji lebih lanjut, jika memungkinkan maka akan dirancang sebuah Raperda tentang penggabungan 3 SKPD tersebut. Selain itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga juga akan dipecah menjadi dua SKPD, yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olah Raga.

Menyangkut kebersihan lingkungan, Bupati Ondy juga menegaskan belum semua instansi pemerintahan, TNI/Polri maupun swasta sadar untuk mendukungnya. Bahkan Bupati menyebutkan, di perempatan Bank Papua dan Mandiri bisa dilihat kini gedung mereka baru, namun untuk Kantor Imigrasi dan Garuda masih nampak kumuh, belum ada tanda-tanda merehab atau mempercantik kantornya.

Untuk itu, Bupati Thomas Ondy mengajak semua perkantoran, baik pemerintahan, perbankan, TNI/Polri maupun BUMN/BUMD untuk peduli terhadap kebersihan lingkungannya dan membuat taman. Jika dapat berkembang dengan baik, maka dari situlah bisa dilihat daya kreatifitas dari pemimpinnya.

“Besar harapan kami, di tahun ini kami kembali mendapat Piala Adipura. Saya melihat acara hari ini adalah biasa-biasa saja, penyerahan sarana kebersihan biasa kita lakukan. Kecuali kalau nanti kita dapat panggilan dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk terima Piala Adipura, itu baru luar biasa,” ujar Bupati Ondy sebagai bentuk motivasi bagi instansi teknis yang mengurusi kebersihan kota, maupun untuk masyarakat Biak Numfor.

Diakhir sambutannya, Bupati Thomas Ondy mengucapkan terimkasih kepada pimpinan Pelindo atas kepeduliannya memberikan bantuan motor pengangkut sampah. Selain itu, Bupati menambahkan kini wajah Kota Biak sudah ada perubah yakni trotoar sudah dilapisi tekhel, namun lagi-lagi belum semua masyarakat sadar untuk menjaganya, hal ini terlihat sudah ada ludah pinang di trotoar yang dibangun dengan uang rakyat itu. “Ini sungguh disayangkan. Dan saya berharap BUMN, Perbankan maupun kantor-kantor yang lain, tolong ikut mengawasi,” pinta Bupati Ondy. (danang sadana)

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Berita Terbaru

Tulisan Terbaru