SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

BPS Biak Gelar Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

KPDE Biak Numfor

Mengingat pentingnya sumber data untuk mendukung pembangunan khususnya dibidang ekonomi, maka BPS sebagai institusi pemerintah yang terpercaya untuk penyedia data tersebut, Rabu 20 Januari 2016 menyelenggarakan Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016) di Hotel Arumbai Biak. Sosialisasi yang diikuti peserta dari pengusaha, BUMN/BUMD, tokoh masyarakat dan instansi terkait ini resmi dibuka oleh Asisten III Setda Biak Numfor, Abdul Kahar, SE, MM mewakili Bupati Biak Numfor yang ditandai pemukulan tifa. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala BPS Biak Numfor, Suhainto, S.Sos, unsure Muspida, dan beberapa pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Biak Numfor.

Sambutan Bupati Biak Numfor dibacakan Asisten III menjelasakan, beberapa bulan lagi kita akan melaksanakan Sensus Ekonomi secara serentak tanggal 1 sampai 31 Mei 2016. Agenda 10 tahunan ini akan diselenggarakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk di Biak Numfor. Sensus ekonomi 2016 bertujuan mengumpulkan data seluruh aktifitas ekonomi (kecuali sector pertanian) yang diharapkan mampu menghasilkan data dasar kegiatan ekonomi sehingga dapat menjadi landasan penyusunan kebijakan, perencanaan dan evluasi pembangunan.

Mengingat pentingnya sensus ekonomi ini serta hasil pendataannya yang strategis bagi perencanaan dan evaluasi pembangunan di Indonesia, lebih khusus di Kabupaten Biak Numfor, maka Bupati berharap semua pelaku ekonomi dapat memberikan data yang valid kepada petugas BPS. “Saya imbau seluruh pelaku usaha ekonomi serta seluruh stakeholders, mari bersama-sama menyukseskan Sensus Ekonomi 2016 di Kabupaten Biak Numfor. Terimalah dengan baik Sensus Ekonomi 2016 yang akan datang melakukan sensus di tempat anda dan berilah data yang benar sesuai dengan kondisi yang ada,” demikian sambutan Bupati dibacakan Asisten III Setda.

Sementara itu sambutan Kepala BPS Biak Numfor menjelaskan, tidak bisa dipungkiri untuk melakukan pembangunan di suatu wilayah diperlukan data dan informasi yang dapat menunjang perencanaan serta evaluasi kebijakan. Salah satunya sumber data yang dapat digunakan yaitu hasil dari sensus atau pendataan lengkap. BPS sebagai penyedia data statistic terpercaya untuk semua, sesuai dengan UU No. 16 tahun 1997 ditunjuk sebagai penyelenggara sensus ekonomi. Dalam pelaksanaannya, BPS juga melibatkan bebagai Kementerian/lembaga serta pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Lanjut Kepala BPS Biak Numfor, bahwa pihaknya berkewajiban melaksanakan kegiatan sensus ekonomi setiap 10 tahun sekali pada tahun yang berakhiran angka enam. Sensus Ekonomi di Indonesia telah dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu pada tahun 1986, 1996 dan 2006. Dengan demikian kegiatan SE 2016 merupakan kegiatan SE ke empat.

Dijelaskan Kepala BPS Biak Numfor, Sensus Ekonomi merupakan kegiatan pendataan lengkap atas seluruh unit usaha/perusahaan yang berada dalam batas-batas wilayah suatu negara. Seluruh informasi yang dikumpulkan bermafaat untuk mengetahui gambaran tentang performa dan struktur ekonomi suatu Negara baik menurut wilayah, lapangan usaha, maupun skala usaha. Adapun cakupannya antara lain sleuruh usaha/perusahaan, baik yang bertempat di lokasi tetap, tidak tetap, usaha keliling maupun rumah tangga. Sementara pelaku usaha yang dicakup berasal dari kalangan pemerintah, lembaga non profit, rumah tangga dan koorporasi/perusahaan.

Sebagai tindak lanjut dari SE 2016 yang menghasilkan daftar usaha/perusahaan, pada tahun 2017 yang akan datang juga akan dilakukan pendataan lengkap terhadap Usaha Menengah Besar (UMB) serta pendataan secara sampel pada Usaha Mikro Kecil (UMK). “Mengingat padatnya rangkaian pengumpulan data tersebut, kami (BPS) mohon kerjasama dan dukungan dari seluruh pelaku usaha serta stakeholder di daerah ini dalam mensukseskan program nasional ini,” pinta Kepala BPS Biak Numfor. (danang sadana)

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Berita Terbaru

Tulisan Terbaru