SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

Bupati Thomas Ondy Serahkan DPA SKPD TA 2016

Bupati Biak Numfor beserta Kepala SKPD ambil gambar saat penyerahan DPA 2016KPDE Biak Numfor

Patut diberi apresiasi khususnya kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Biak Numfor. Pasalnya berkat kerja keras mereka, maka penyerahan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) SKPD dapat dilakukan pada pekan kedua Januari ini, mengingat pada tahun-tahun sebelumnya DPA biasanya diserahkan pada bulan ketiga tahun berjalan. Dan ini sebuah kemajuan khususnya dibidang pengelolaan keuangan di Biak Numfor.

Bertempat di Restoran 99 Samofa, Selasa 12 Januari 2016, penyerahan DPA secara simbolis dilakukan oleh Bupati Kabupaten Biak Numfor, Thomas A.E. Ondy, SE kepada beberapa perwakilan SKPD, perwakilan sekolah, kelurahan dan puskesmas dan disaksikan Kepala BPKAD Kabupaten Biak Numfor, Enias Rumbewas, SE, M.si, pihak Dewan, dan para pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Biak Numfor.

Sebagaimana laporan Kepala BPKAD Biak Numfor, DPA SKPD merupakan penjabaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Biak Numfor Ta 2016 yang sudah disahkan oleh DPRD Biak Numfor dan telah dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Papua dengan struktur anggaran sebagai berikut: Pendapatan daerah sebesar Rp. 1.444.706.962.300,-, sedangkan belanja daerah sebesar Rp. 1.633.556.962.300,- terjadi deficit anggaran Rp. 188.849.861.987,-. Adapun pembiayaan daerah sebesar Rp. 253.849.861.987,-, dan pengeluaran pembiayaan daerah sebesar Rp. 65.000.000.000,- untuk pembayaran pokok hutang.

Jumlah anggaran ini, lanjut Kepala BPKAD, diafektasikan ke dalam program dan kegiatan yang terdiri atas 151 program dan 2.282 kegiatan yang dilaksanakan oleh 118 SKPD yang ada di Kabupaten Biak Numfor, dan tahun ini ditambah kelurahan sebanyak 8 SKPD.

Kepala BPKAD Biak Numfor juga mengajak seluruh SKPD mendorong paradigma tata kelola keuangan yang baik, transparan dan akuntabel serta mendapat opini baik dari editor BPK-RI atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Untuk itu, pada kesempatan yang sama reword (penghargaan) kepada SKPD yang tepat waktu dalam pertanggungjawaban anggaran 2015, sesuai arahan Bupati  Biak Numfor, maka Pemda melalui BPKAD memberikan reword berupa sepeda motor kepada bendahara di SKPD Satuan Pol PP dan SMP Negeri  Biak Timur.

Sementara itu Bupati Thomas Ondy dalam sambutannya menegaskan, bahwa pada tahun ini perbaikan system pemerintahan dan infrastruktur mutlak dilakukan seperti penyelesaian pembangunan kantor bupati, beberapa kantor SKPD dan 8 kantor kelurahan. Bupati juga mengingatkan kepada para lurah yang telah mendapat mobil dinas agar menggunakan mobil itu dengan baik dan tidak sering meninggalkan tempat kerja. Begitupun dalam pembagian bantuan harus merata dan benar-benar diberikan kepada yang membutuhkan, tidak didasarkan pada kekerabatan

Disamping itu, Bupati Thomas Ondy juga ingin agar seluruh masyarakat turut mendukung kebersihan kota Biak. Dan yang terpenting adalah seluruh SKPD harus memperhatikan kebersihan lingkungannya masing-masing agar masyarakat mencontohnya. “Saya ingin tahun ini kita kembali mendapat Piala Adipura,” tandas Bupati dihadapan para pimpinan SKPD dan undangan.

Dalam kesempatan ini Bupati juga kembali mengingatkan bagi pegawai yang belum mendaftar dan menyelesaikan pengisian PU PNS agar segera diselesaikan supaya semua pagawai di Kabupaten Biak Numfor terdata dengan baik. Disisi lain, Bupati mengaku agak kesulitan membangun sarana kesehatan di Biak karena terbentur masalah tanah, untuk itu pihaknya akan memperkuat kendaraan yang dimodifikasi seperti puskesmas berjalan untuk melayani kesehatan di kampung-kampung. Dan pihaknya akan membantu 100 kendaraan dinas untuk petugas kesehatan khususnya di puskesmas-puskesmas.

Diakhir sambutannya, Bupati mengatakan bahwa DPA merupakan berkat sehingga sudah kewajiban bagi para pimpinan SKPD menggunakan anggaran dengan baik, yakni untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. (danang sadana)

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Berita Terbaru

Tulisan Terbaru