SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

Karnaval Jalan Memperingati HUT RI di Biak Sangat Meriah

KPDE Biak Numfor

Selama sepekan ini suasana kota Biak terlihat jauh lebih ramai jika dibandingkan hari-hari biasanya, dimana dalam sepekan ini masyarakat Biak dihibur dengan kegiatan karnaval jalan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016. Tidak tanggung-tanggung, pihak panitia melibatkan hamper semua lapisan masyarakat dalam meramaikan hari bersejarah di republik ini, yakni karnaval tidak saja diikuti masyarakat umum namun juga diikuti oleh pelajar mulai dari anak TK hingga Perguruan Tinggi.

Mengingat banyaknya peserta, maka pihak panitia membaginya dalam beberapa kelompok sesuai dengan usia, yaitu kelompok TK, SD digabung dengan SMP, untuk SMA, perguruan tinggi digabung dengan pesrta umum. Seperti tahun lalu, kegiatan karnaval yang mengambil start di Lapangan Mandala dan finish di depan Hadi Supermarket ini secara resmi dilepas oleh Bupati Biak Numfor, Thomas A.E. Ondi, SE, MM dan Wakil Bupati Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd. Sedangkan untuk TK start di depan Hadi Supermarket dan finish di Lapangan Remaja.

Banyak hal menarik dalam agenda tahunan menjelang HUT RI ini, yakni hamper semua peserta karnaval khususnya dari pelajar memeriahkan barisannya dengan grup drum band sehingga membuat suasana menjadi meriah. Tidak itu saja, hamper semua peserta karnaval juga mengenakan baju adat dan menampilkan tarian adat nusantara sehingga menghadirkan pemandangan yang menarik untuk ditonton.

Selain itu, peserta karnaval juga mengusung tema perjuangan, dan untuk SKPD juga mengusung tema tupoksi berikut mengklaim keberhasilannya dalam melaksanakan program pembangunan di Kabupaten Biak Numfor. Tidak ketinggalan, peserta karnaval juga menggelar kirap bendera merah putih formasi tanggal, bulan dan tahun Kemerdekaan RI, dan menggambarkan pemerintahan mulai dari Presiden, Wakil Presiden hingga susunan kabinetnya. Dan masih banyak tema menarik yang diusung oleh peserta karnaval.

Begitu ramainya karnaval ini, maka mulai pukul 13.30 Wit, ribuan masyarakat telah memadati ruas jalan yang dilalui peserta karnaval. Mereka rela berpanas-panasan untuk menyaksikan ramainya karnaval ini, karena tidak sedikit diantara peserta karnaval melakukan atraksi, seperti peserta dari perguruan pencak silat, mereka atraksi dengan beberapa jurus adalannya. Meski masa begitu banyak, namun kegiatan ini berjalan aman dan tertib.

Begitupun para petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan Kabupaten Biak Numfor dengan sigap langsung membersihkan sampah yang berserakan di rute karnaval. Sehingga begitu karnaval selesai, maka kondisi kota Biak kembali bersih bebas dari sampah. (danang sadana)

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Tulisan Terbaru