SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

Karnaval Kendaraan dan Parade Budaya Nusantara Ramaikan HUT Kemerdekaan RI di Biak

KPDE Biak Numfor

Tidak saja karnaval jalan yang ramai, ternyata karnaval kendaraan hias dan parade budaya nusantara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-71 RI di Kabupaten Biak Numfor tidak kalah ramai. Bahkan karnaval kendaraan ini pesrtanya begitu banyak sehingga kegiatan ini berlangsung hingga malam hari. Karnaval kendaraan mengambil start di Lapangan Sorido dan finish di depan Hadi Supermarket ini resmi dilepas Bupati Biak Numfor, Thomas A.E. Ondi, SE, MM dan Wakil Bupati Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd.

Karnaval kendaraan ini begitu meriah mengingat peserta datang dari hampir seluruh lapisan masyarakat, yaitu tidak saja dari institusi pemerintahan, namun juga dari pihak swasta, paguyuban, perbankkan, perguruan tinggi, sanggar hingga kelompok tani ‘tenggelam’ dalam eforia keramaian karnaval kendaraan hias. Tema yang dibawakan oleh peserta juga bervariasi dan tidak keluar dari pesan-pesan nasionalisme.

Sebagaimana dari paguyuban Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan menghias truk menyerupai kapal bernuansa warna merah putih dan beberapa tokoh Sulawesi Selatan memakai baju adat berada di dalamnya. Selain itu, beberapa kendaraan dihias renda-renda khas Sulawesi Selatan lengkap dengan muda-mudi yang memakai adat Sulawesi. Dan tak kalah menariknya, dari pihak TNI AU juga melakukan atraksi membebaskan sandra oleh kelompok sparatis. Merekapun juga menghias beberapa kendaraannya menyerupai pesawat tempur dan helikoper dihiasi bendera merah putih sehingga menambah kemeriahan karnaval di Kabupaten Biak Numfor.

Begitu pula SAR juga melakukan atraksi penyelamatan korban kecelakaan pesawat. Selain itu, Polres Biak Numfor juga ‘menurunkan’ PHH lengkap dengan tameng dan tongkat serta water canon. Tak mau kalah, DPRD Biak Numfor juga menghias truk trailer menyerupai ruang kerja dimana Ketua DPRD dan beberapa staf terlihat duduk di dalamnya. Beberapa SKDP, seperti Sekretariat Daerah, Dinas Perhubungan, RSUD dan masih banyak peserta yang menghias kendaraannya mirip dengan pesawat, kapal maupun alat perang yang diringi konvoi kendaraan roda dua lengkap dengan bendera merah putih sehingga karnaval ini benar-benar terlihat sangat indah dan meriah.

Sementara itu, parade budaya nusantara yang dilaksanakan pada Sabtu kemarin juga meriah, dimana setiap peserta yang datang dari SKPD, Perguruan Tinggi dan paguyuban menampilkan adat budaya masing-masing. Seperti Paguyuban masyarakat Bali menampilkan ogoh-ogoh, Paguyuban Jawa Madura menampilkan Reog Ponorogo, kuda lumping, dan Paguyuban Batak menampilkan tarian Tortor dari Tapanuli.

Selain itu, Kerukunan Masyarakat Toraja menampilkan tarian pagelu lengkap dengan peserta yang mengenakan baju adat kebesaran mereka, kerukunan Kawanua juga menampilkan tarian Kabasaran, dan sebagian besar peserta membawakan tarian Yosin Pancar yang merupakan tarian asli dari Biak. Sebagaimana Bagian Humas Protokoler Setda Biak Numfor yang dipimpin langsung oleh Kabag Humas menari Yospan lengkap dengan baju adat Biak.

Tidak mau ketinggalan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Biak Numfor didampingi istri dengan mengenakan baju adat Biak juga memimpin langsung barisan Parade Adat Nusantara. Dan menariknya, Wakil Bupati Biak Numfor yang didampingi istri bersama dengan Asisten Setda dan beberapa pimpinan SKPD juga ikut ambil bagian dalam kegiatan tahunan ini. Dan yang harus diacungi jempol, semua kegiatan menjelang HUT Kemerdekaan RI di Biak Numfor ini selain meriah juga berjalan aman, tertib dan sukses. (danang sadana)

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Tulisan Terbaru