SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

Pemkab. Biak Numfor dan Pertamina Tandatangani MoU Distribusi BBM

KPDE Biak Numfor

Sebagai upaya memenuhi kebutuhan BBM (Bahan Bakar Minyak) hingga ke pelosok Papua khususnya di Biak Numfor, maka Kamis (1/9) pihak Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan pihak PT. Pertamina (Persero) MOR VIII. Naskah nota kesepahaman distribusi BBM di wilayah Biak Numfor ini ditandatangani langsung oleh Bupati Thomas A.E. Ondy, SE, MM sedangkan pihak Pertamina dilakukan oleh GM Pertamina MOR VIII, Eldi Hendry di Sasana Krida Kantor Bupati Biak Numfor.

Selain beberapa karyawan Pertamina, acara ini juga dihadiri Plt. Sekda Biak Numfor, Dr. Enias Rumbewas, serta para pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor. Menariknya, diakhir acara dilakukan pengisian secara simbolis BBM jenis Pertalite oleh Bupati Thomas Ondy ke mobil dinas Plt. Sekda Biak Numfor melalui pompa manual yang disediakan Pertamina.

Dalam kesempatan ini pihak Pertamina juga melakukan presentasi singkat tentang gambaran regulasi, system distribusi dan skema menjadi sub penyalur. Menurut penjelasan GM PT. Pertamina MOR VIII, khusus di Papua memang penyaluran BBM agak rumit karena selain belum memadainya infrastruktur juga dipengaruhi luas wilayahnya yang luas. Namun demikian, Hendry menegaskan itu semua tidak menjadi alasan, karena Presiden Joko Widodo telah perintahkan kepada Pertamina agar pasokan BBM tersedia di seluruh pelosok Papua.

Dijelaskan Hendry, sup penyalur di distrik atau di kampong-kampung harus segera dibentuk, karena selama ini harga BBM di lembaga penyalur tidak ada patokan yang baku sehingga harga BBM beragam setelah sampai di pelosok. Dengan MoU ini nantinya semua masyarakat terutama yang tinggal di pelosok dapat menikmati BBM dengan harga yang sesuai dengan keputusan pemerintah.

Sementara itu Bupati Thomas Ondy menyambut baik kerjasama ini, mengingat dengan pasokan BBM yang mencukupi maka roda ekonomi rakyat yang tinggal di pelosokpun akan semakin bergairah. Disamping itu, nantinya nelayan lebih mudah mendapat BBM dengan harga terjangkau sehingga pendapatan mereka akan meningkat, dan dunia pariwisata juga akan maju.

Untuk itu, dalam waktu dekat Bupati Thomas Ondy akan mengumpulkan para kepala distrik dan kepala kampong untuk membahas lebih lanjut niat baik pemerintah ini, terutama membahas lokasi pembangunan sup penyalur BBM di tingkat kampong karena sudah menyangkut lahan. Bupati hanya berharap masyarakat memberi dukungan karena apa yang buatnya bersama Pertamina tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan BBM dengan harga terjangkau. (danang sadana)

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Tulisan Terbaru