SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

Perikanan Kelautan

Potensi Perikanan Laut
Kabupaten Biak Numfor memiliki potensi perikanan yang besar untuk dikembangkan. Potensi perikanan tersebut meliputi potensi perikanan tangkap, budidaya,
pengolahan hasil perikanan dan daerah konservasi alam. Lokasi penangkapan ikan di wilayah perairan Biak Numfor antara lain berada di perairan Nusi Babaruk, Wundi, dan Miosbefondi ( Kepulauan Padaido ), perairan Numfor Timur, perairan Numfor Barat, perairan pantai utara Biak, perairan Urfu, Samber dan Waroi ( yendidori ), serta perairan Tanjung Barari.

Potensi Perikanan Budidaya
Produksi perikanan budidaya jumlahnya jauh lebih kecil jika dibanding dengan perikanan tangkap. Potensi perikanan budidaya yang sudah dikembangkan antara lain budi daya rumput laut, teripang, budidaya air tawar ( ikan mas dan udang galah ).

Potensi Daerah Konservasi alam
Perairan Biak Numfor juga mempunyai potensi daerah konservasi alam yang terdiri dari kawasan terumbu karang di perairan Padaido  dan hutan bakau. Sebagai daerah konservasi alam terumbu karang mempunyai peranan penting antara lain sebagai sumber makanan, perikananan tangkap dan budidaya,  pariwisata, bahan baku industri, pelindung pantai, dan tumbuhan laut.salah satu bentuk perlindungan yang dilakukan terhadap kawasan terumbu karang adalah melalui program COREMAP (Coral Reef Rehabilitation and Managament Program) yaitu program rehabilitasi dan pengelolaan terumbu karang secara nasional jangka panjang ( 15 tahun ) yang mendapat dukungan dari pemerintah ( APBD dan APBN ), Bank Dunia (World Bank), Bank Pembangunan Asia dan AusAID. Coremap tersebut bertujuan untuk melindungi, merehabilitasi, dan memanfaatkan secara lestari terumbu karang Indonesia untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Total produksi   ikan laut tahun 2014 mencapai 51.366,17 ton  yang  terdiri dari 13.950 ton ikan pelagis besar, 15.900 ikan pelagis kecil, dan 21.500 ikan dimersal. Beberapa jenis ikan laut  dan  produksinya antara lain ikan tuna dengan jumlah produksi sebanyak 2.813,85 ton,  ikan  lemuru  3.034,07 ton, cakalang 3,50 ton, cumi‐ cumi 1.021 ton. Adapun produksi dari jenis ikan lainnya yang hidup di dasar laut antara lain kerapu sebanyak 1.021 ton, dan teripang 1.44 ton.

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Berita Terbaru

Tulisan Terbaru