SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

Peluang Investasi

Kebijaksanaan Pendukung PEMDA Papua
Dalam rangka mengembangkan aktivitas dan mempercepat akselerasi pembangunan di Papua, maka telah ditetapkan strategi dasar pembangunan daerah yang menjadikan Perikanan dan Pariwisata sebagai sektor atau komoditi unggulan dari Kabupaten Biak Numfor. Pengwilayahan komoditas ini dimaksudkan untuk memanfaatkan sumberdaya alam secara optimal dan efisien sesuai potensi wilayah yang didasarkan atas adanya saling ketergantungan antar wilayah dalam rangka mencapai suatu skala ekonomi yang menguntungkan.

Kebijakan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor
Berdasarkan pada strategi pengwilayahan komoditas ini, maka ditetapkan sentra-sentra pengembangan termasuk pengembangan Pariwisata yang untuk Kabupaten Biak Numfor berdasarkan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Pariwisata Papua diarahkan ke wilayah Biak Timur dan Kepulauan Padaido.

Selain itu kebijakan makro nasional yang kontributif dan menjanjikan adalah penetapan Biak sebagai Pusat KAPET Biak - Mimika yang diharapkan akan menjadi kebanggaan dan kebangkitan ekonomi kawasan di Papua dan teluk Cenderawasih pada khususnya.

Sarana dan Prasarana Pendukung
Potensi dan komitmen pengembangan yang besar selayaknya mendapat apresiasi yang pantas dari pihak PEMDA. Untuk menggalakan kegiatan investasi di daerah ini, PEMDA telah memberikan berbagai kemudahan seperti pelayanan tunggal, fasilitas bea dan perpajakan, peta kawasan pengembangan, profil investasi dan lainnya.

Disamping itu, untuk menunjang kegiatan investasi di daerah ini, juga telah tersedia sarana dan prasarana yang memadai antara lain : sarana perhubungan (darat, laut dan udara), telekomunikasi, listrik, air minum/bersih, perbankan, hotel dan restaurant, fasilitas kesehatan, sarana pendidikan dan latihan serta sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

Prasarana perhubungan darat di kabupaten Biak Numfor cukup memadai. Secara umum semua distrik di kabupaten ini dapat dicapai melalui transportasi jalan darat. Panjang jalan sampai dengan akhir tahun 2002 adalah sepanjang 870,85 Km.
Sebagai kawasan maritim, peranan transportasi laut sangat penting dalam menghubungkan antar pulau dan menggerakan roda perekonomian daerah. Jumlah pelabuhan laut di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 8 buah yaitu:


Dermaga Niaga Biak, berukuran 142 x 13 M. Kedalaman air pada waktu surut  9 M, berkonstruksi beton baja dengan kapasitas 15.000 DWT.
Dermaga khusus Pertamina , berukuran 50 x 5 M, konstruksi beton dengan kapasitas 6.000 DWT.
Dermaga Khusus Perikanan PT. Biak Mina Jaya, berukuran 40 x 12 M, konstruksi beton dengan kapasitas 4.000 DWT.
Dermaga Perintis Saribri di Distrik Numfor Barat
Dermaga Perintis Mokmer di Distrik Biak Kota
Dermaga Perikanan Fandoi di Distrik Biak Kota
Dermaga Perikanan di Manggari
Dermaga Perintis di Bromsi Distrik Aimando

Sejalan dengan pengembangan KAPET Biak dan peran Biak sebagai pintu gerbang (gate way) Indonesia di Pasifik, maka akan dikembangkan fasilitas pelabuhan laut yang mengakomodasi pelayanan bongkar muat serta kepentingannya sebagai pelabuhan Nusantara dan wilayah EPZ (export processing zone). Perkembangan pembangunan prasarana transportasi laut telah membawa dampak yang positif. Hal ini nampak dari kegiatan arus kunjungan kapal, angkutan penumpang dan bongkar muat barang yang memperlihatkan peningkatan yang signifikan.

Prasarana perhubungan udara di kabupaten Biak Numfor, terdiri dari :
Bandar Udara Internasional Frans Kaisiepo Biak, mempunyai landasan beton berukuran 3.570 m x 45 m dengan 2 (dua) buah tempat putaran (turning area) masing-masing berukuran 60 x 80 M. Bandar Udara Frans Kaisiepo mampu didarati semua jenis pesawat berbadan lebar, antara lain : Airbus A-300, DC 10, B.737, B.747 dan sebagainya.
Lapangan terbang Yemburwo, terdapat di Pulau Numfor, berukuran 1.800 x 20 M, mempunyai landasan aspal dan mampu didarati F.27 dan Twin otter.
Dampak langsung dari statusnya sebagai Bandara Internasional adalah terbukanya akses langsung Biak terhadap negara lain. Rute yang pernah dilayani adalah Biak - Tokyo - Honolulu. Saat itu iklim usaha sangat berapresiasi positif terutama dalam mendongkrak pendapatan masyarakat dan pengembangan wisata.

 

Suara Warga

Stefan: Dear Admin. Websitenya sudah bagus. Mungkin tambahan untuk bagian pengaduan masyarakatnya belum leng
Octavianus Mangge: Penyediaan Lpse oleh Pemda Biak Numfor ini,merupakan suatu langkah maju di Kabupaten Biak Numfor dim

Berita Terbaru

Tulisan Terbaru